Kajian Perjanjian Lama Tentang Pembelajaran di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Pesat Wamena

Yosep Iswanto Padabang

Abstract


Pembelajaran di rumah pada masa pendemi Covid-19 dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan dengan pola yang baru. Hal ini memunculkan persoalan clasik antara guru selaku pendidik disekolah dan orang tua yang tentunya berdampak pada efektivitas pembelajaran anak di rumah. Persoalan mendasar yang muncul adalah bahwa terdapat sebagian orang tua di SD Triesa Unggul PESAT Wamena yang mengemukakan bahwa anak mereka cenderung merasa bosan dan tidak ingin belajar karena guru hanya memberikan catatan yang dicatat oleh anak di rumah tanpa memberikan penjelasan. Sementara orang tua di rumah pun terbatas didalam mendampingi anak. Pada sisi lain, dalam Alkitab Perjanjian Lama terdapat banyak rujukan yang memberi penekanan mengenai pembelajaran di rumah. Penulis menggunakan metode kualitatif research dengan pendekatan library dalam upaya elaborasi yang terkait dengan topik yang dibahas. Pada akhirnya disimpulkan bahwa pembelajaran di rumah perlu dilakukan berdasarkan pola Allah yang menegaskan mengenai tanggung jawab orang tua dan guru di sekolah dalam hal mendidik anak untuk mengenal Tuhan dan dapat mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan sehari. 


Keywords


Pembelajaran di Rumah, Pendidikan Agama Kristen, Perjanjian Lama

Full Text:

PDF

References


Ansori, Y. Z. (n.d.). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 126–135.

Antone, H. S. (n.d.). Religious Education in Context of Plurality and Pluralism, Trj. Pendidikan Kristiani Kontekstual (3rd ed.). BPK Gunung Mulia.

Blair, T. (n.d.). The Hebrew-English Interlinear ESV Old Testament, Biblia Hebraica Stuttgartensia English Standard Version (T. Blair (ed.); 13th ed.). CROSSWAY.

Boehlke, R. R. (2015). Sejarah Perkembangan Pemikiran & Praktek Pendidikan Agama Kristen (Ke-14). BPK Gunung Mulia.

Creswell, J. W. (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Diana Kristiani, Makdalena, R. K. & A. E. (2020). Profesionalitas Yesus Dalam Mengajar Tentang Kasih. Didaché: Journal of Christian Edukation, 1, 35–38.

Enklaar, E. G. H. & I. H. (2015). Pendidikan Agama Kristen (29th ed.). BPK Gunung Mulia.

Fadli, A. (2020). Mengenal Covid-19 dan cegah penyebarannya dengan “peduli lindungi” aplikasi berbasis android. Pegabdian Kepada Masyarakat Jurusan Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman.

Gertz, J. C., Berlejung, A., & Markus Witte, K. S. (n.d.). Purwa Pustaka, Eksplorasi Ke Dalam Kitab-Kitab Perjanjian Lama Dan Deuterokanonika (1st ed.). BPK Gunung Mulia.

Karlau, S. A. (2020). Kajian Teologi dan Yuridis Sistem Pendidikan: Analisis Menurut Struktur Teks Kitab Kejadian 1:1-31. Pasca: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16, 34–50.

Makarim, N. (n.d.). Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. Berita CNN.

Pazmino, R. W. (n.d.). Foundational Issues in Christian Education, Trj. Indo: Fondasi Pendidikan Kristen, Sebuah Pengantar Dalam Perspektif Injili (3rd ed.). BPK Gunung Mulia dan Sekolah Tinggi Teologi Bandung.

Sidjabad, B. S. (n.d.). Mengajar Secara Profesional: Mewujudkan Visi Guru Profesional (4th ed.). Yayasan Kalam Hidup.

Tanya, E. (1999). Gereja dan Pendidikan Agama Kristen, Mencermati Pedagogi Gereja (1st ed.). Agiamedia.

Til, L. B. & C. van. (2013). Foundations of Christian Education. Trj. Dasar Pendidikan Kristen (kelima). Momentum.

Tung, K. Y. (n.d.). Terpanggil Menjadi Pendidik Kristen Yang Berhati Gembala (1st ed.). Penerbit ANDI (Penerbit Buku dan Majalah.

Wolterstorff, N. P. (2014). Educating for Life: Reflections on Christian Teaching and Learning. tjr. Mendidik untuk Kehidupan (G. G. S. & C. W. Joldersma (ed.); Empat).

Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (5th ed.). PRENADAMEDIA GROUP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.