Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di era Digital
Abstract
Penulis mengkaji tentang pengembangan peserta didik di era digital. Penelitian ini berangkat dari keresahan penulis terhadap keadaan peserta didik di era digital.Para peserta didik belum mampu menggunakan teknologi secara maksimal. Sehingga guru dituntut untuk bertindak profesional untuk mendampingi nara didik untuk mengembangkan diri dalam penguasaan teknologi informasi. Dengan problematika tersebut maka, penulis mengupas tentang peran guru dalam pengembangan peserta didik di era digital. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan dalam penelitian tidak dipaksakan untuk memperoleh gambaran seutuhnya mengenai suatu hal menurut pandangan manusia. Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh penulis dalam tulisan ini, kemampuan pengelolaan peserta didik, guru bertanggungjawabterhadap peserta didik dalam perancangan dan pelaksanaan hasil belajar.Pengembangan peserta didik, dengan sejumlah peran dan tanggung jawab yang dilakukan guru. Jadi guru wajib mahir, pandai, cermat, dan cerdas dalam menjalankan pekerjaan sebagai guru. Guru dituntut mampu mengaktualisasikan kompetensi pedagogik. Serta mampu mengimplementasikan pendidikan yang holistik.
The author examines the development of students in the digital age. This study departs from the writer's anxiety about the condition of students in the digital age. The students have not been able to use technology maximally. So that teachers are required to act professionally to assist students to develop themselves in the mastery of information technology. On account of these problems, the authors explore the role of teachers in the development of students in the digital age. The method used is descriptive qualitative. In this study, the theory used in research is not forced to obtain a complete picture of a matter according to human views. Based on the study conducted by the author in this paper, the ability to manage learners, teachers are responsible for students in the design and implementation of learning outcomes. Development of students, with a number of roles and responsibilities undertaken by the teacher. So the teacher must be proficient, clever, careful, and smart in carrying out work as a teacher. Teachers are required to be able to actualize pedagogical competencies. And able to implement holistic education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alexander, Ferdinant, and Fenni Regina Pono. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 2 (December 23, 2019): 110–126. Accessed February 10, 2020. https://ojs-jireh.org/index.php/jireh/article/view/21.
Arozatulo Telaumbanua. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231. Accessed June 18, 2019. http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei/article/view/9.
Barni, Mahyuddin. “Tantangan Pendidik Di Era Millenial.” TRANSFORMATIF 3, no. 1 (April 24, 2019): 99–116.
Cahyono, Heri, and Iswati Iswati. “Memahami Peran Dan Fungsi Perkembangan Peserta Didik Sebagai Upaya Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 1 (June 6, 2018): 47.
Darmadi, Hamid. “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 13, no. 2 (April 23, 2016): 161–174.
Deli, Markus, and Markus Girik Allo. Perkembangan Peserta Didik, 2017.
Diana, Ruat. “Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Di Era Revolusi Industri 4.0.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (June 24, 2019): 27–39. Accessed April 14, 2020. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/79.
Giawa, Nasokhili. “Kepemimpinan Nehemia Dan Relevansinya Dalam Pengelolaan Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 2 (December 23, 2019): 149–160.
Habsy, Bakhrudin. “Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur.” JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa 1 (2017): 90.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2009.
Harahab, Desy Natania; Syunu Trihantoyo. “Pembinaan Dan Pengambangan Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMA Negeri 1 Pacet Mojokerto.” Last modified 2018. Accessed December 21, 2019. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/22917.
Hidayati, Ani. “Merangsang Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Dengan Pembelajaran Tematik Terpadu.” Last modified 2016. Accessed January 20, 2020. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/sawwa/article/view/1473.
Hutapea, Rinto Hasiholan. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 1 (June 18, 2019): 18–30. Accessed January 31, 2020. https://ojs-jireh.org/index.php/jireh/article/view/10.
Intarti, Ester Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Last modified 2016. Accessed January 31, 2020. http://ejournal.uki.ac.id/index.php.
Latifa, Umi. “Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar : Masalah Dan Perkembangannya.” Journal of Multidisciplinary Studies 1, no. 2 (2017): 185–196.
Makaruku, E. “Buku Ajar Perkembangan Peserta Didik.” Last modified 2015. Accessed December 23, 2019. https://www.academia.edu/28382679/BUKU_AJAR_PERKEMBANGAN_PESERTA_DIDIK.
Mardianto. “Peran Guru Di Era Digital Dalam Mengembangkan Self Regulated Learning Siswa Generasi Z Untuk Pencapaian Hasil Pembelajaran Optimal.”
Muhasim. “Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik” (2017): 53–77.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Murtopo, Bahrun Ali. “Pendidikan Anak Di Era Digital.” IAINU Kebumen (2017): 1–14.
Ngabalin, Martinus. “Berteologi Kontekstual Dari Perspektif Orang Kei Melalui Konsep Duad.” VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN 1, no. 2 (December 18, 2019): 277–293. Accessed December 21, 2019. http://jurnal.sttstarslub.ac.id/index.php/js/article/view/48.
Nurhamida, Ilin. “Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik.” Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 3, no. 1 (April 30, 2018): 27–38.
Nurmala, Suciati, Adelina Hasyim, and Hermi Yanzi. Peranan Guru Terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa, 2017.
Prabowo, Aan. Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN. Vol. 2, 2013. Accessed April 1, 2020. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip.
Ronda, Daniel. “Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Teknologi.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat. Last modified 2019. Accessed April 14, 2020. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/125.
Samio. “Aspek – Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik A. Hakikat Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik” 1, no. 2 (2018): 36–43.
Sampe, Naomi. “Meretas Kecakapan Komunikasi Interpersonal Keluarga Kristen Memasuki Era 4.0.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (June 24, 2019): 72–82. Accessed April 14, 2020. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/84.
Silaban, Diana Rotua. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Konselor Bagi Perubahan Perilaku Remaja Kelas X-XI Di SMA Negeri 48 Jakarta Timur.” Regula Fidei 3, no. 1 (June 11, 2019): 459–481.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algesindo, 2009.
Suwarjo. “Penguatan Karakter Peserta Didik Dalam Menghadapi Era Digital.” Last modified 2018. Accessed December 21, 2019. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/920.
Syamsuar, and Reflianto. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” e-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6, no. 2 (May 24, 2019).
Tari, Ezra, and Talizaro Tafonao. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3:21.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (April 30, 2019): 24–35.
DOI: https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ezra Tari, Rinto Hasiholan Hutapea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.