Dampak Strategi Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kaliban Batam

Martha Sari Siburian, Widie Alpionika, Yulia Jayanti Tanama

Abstract


Peserta didik SD Kaliban pasif dalam proses pembelajaran, mengakibatkan peserta didik menjadi bosan, gagal fokus, dan nilai mengalami penurunan. sebagai seorang guru Pendidikan Agama Kristen harus memiliki inisiatif yang tinggi untuk menarik perhatian peserta didik, supaya pada proses pembelajaran berlangsung peserta didik aktif. metode penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Pendidikan Agama Kristen. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) hasil belajar peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi sama baiknya dengan siswa memiliki kemampuan sedang dan rendah, (2) peserta didik lebih aktif berkolaborasi atau bekerjasama dengan baik untuk menemukan jawaban, (3) peserta didik bertanggungjawab secara individu sebagai anggota kelompok, dan (4) meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari.

Keywords


NHT; Pendidikan Agama Kristen; strategi pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. “Strategi Pembelajaran Ekonomi Dan Koperasi.” Strategi Pembelajaran 2, no. 2 (2013): 120.

Astrawan, I Gede Budi. “Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDn 3 Tonggolobibi.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 3, no. 4 (2013): 227–242.

Author. “Pengertian Pendidikan Secara Umum, Etimologi, Undang-Undang & Menurut Para Ahli Serta Tujuan - Fungsi - Manfaat - Ciri - Ruang Lingkup.” Last modified 2022. Accessed August 11, 2022. https://teks.co.id/pengertian-pendidikan-secara-umum-etimologi-undang-undang-menurut-para-ahli-serta-tujuan-fungsi-manfaat-ciri-ruang-lingkup/.

Cipta, Hendra. “Dampak Perceraian Terhadap Kenakalan Remaja.” Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 3, no. 2 (2017): 88–103.

Corebima, Aloysius Duran, Herawati Susilo, and Nursyamsi. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together ( Nht ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan 1, no. 10 (2016): 1993–1998.

Hakim, Lukman. “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2016): 53–64. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575.

Hutapea, Rinto Hasiholan. “EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA KURIKULUM 2013.” JIREH- Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity 1, no. 1 (2019): 18–30.

Iqra, MIP Nasution - Jurnal, and undefined 2016. “Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar.” academia.edu (n.d.). Accessed August 11, 2022. https://www.academia.edu/download/56683079/237-630-1-PBIqra1.pdf.

Mulyana, Mutia Agisni, Nurdinah Hanifah, and Asep Kurnia Jayadinata. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya.” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 331–340.

Sembiring, Rosali Br, and . Mukhtar. “Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 6, no. 2 (2013): 34–44.

Sitanggang, Lady Moren. Wawancara. Batam, 2022.

Suhendro, Eko. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di.” GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5, no. September (2020): 133–140.

Tanduklangi, Rinaldus. “Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen ( PAK ) Dalam Matius 28 : 19-20.” JurnalPendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 19–20.

Triyanto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.




DOI: https://doi.org/10.54553/kharisma.v4i1.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.