Standar Kompetensi Mentoring Dalam Kaderisasi Pelayan Kristus Konteks Remaja Generasi Z
Abstract
Abstract :
Generation gap obstruct generation Z teenager in the training process to become a servant of Christ servant. Mentoring proposed to overcome generation gap problem in generation Z. However, the existing mentoring system does not yet have biblical competency standards that suitable with the context of generation Z teenager. This research aims to make biblical competency standards in mentoring process in order to prepare generation Z teenager be a servant of Christ. The researcher hopes that generation Z can be well prepared so that Christian ministri can last forever. This resereach use Grounded Theory metode. This research use literature study and survey to collect data. The survey was carried out using a google form questionnaire that was distributed to 102 teenagers aged 12-21 years that scattered in various cities on the island of Java. This study resulted in 11 competency standards in mentoring. Generation Z teenager must meet these 11 competency standards to graduate from mentoring and become a servant of Christ.
Keyword : generation Z teenager, mentoring, competency standards
Abstrak :
Jurang generasi menghambat proses kaderisasi remaja generasi Z. Mentoring diusulkan untuk mengatasi jurang generasi pada generasi Z. Namun sistem metoring yang ada belum memiliki standar kompetensi alkitabiah yang sesuai dengan konteks remaja generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah membuat standar kompetensi alkitabiah pada proses mentoring dalam rangka kaderisasi pelayan Kristus konteks remaja generasi Z. Harapan peneliti yaitu generasi Z dapat dipersiapkan dan dikader dengan baik sehingga pelayan Kristen dapat terus berlangsung. Penelitian ini mengunakan metode Grounded Theory. Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode studi pustaka tentang tema yang terkait. Penelitian ini juga mengumpulkan data melalui survei singkat. Survei dilakukan dengan menggunakan angket google formulir yang disebarkan kepada 102 remaja berusia 12-21 tahun yang tersebar diberbagai kota dipulau Jawa. Penelitian ini menghasilkan 11 standar kompetensi dalam mentoring. Remaja generasi Z harus memenuhi 11 standar kompetensi ini untuk lulus dari mentoring dan menjadi seorang pelayan Kristus.
Kata kunci : Remaja Generasi Z, Mentoring, Standar Kompetensi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrivi, Queen Elvina Sevtivia, Fathur Rokhman, and Sri Maryati Deliana. “Penerapan Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Abstrak.” Journal of Primary Education 6, no. 3 (2017): 257–266.
Bilangan Research. Spiritualitas Umat Kristen Indonesia, 2021.
Carson, D.A, and Donald Guthrie. Tafsiran Alkitab Abad Ke-21. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2017.
Christiani, Lintang Citra, and Prinisia Nurul Ikasari. “Generasi Z Dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi Dalam Perspektif Budaya Jawa.” JURNAL KOMUNIKASI DAN KAJIAN MEDIA 4, no. 2 (2020): 84–105.
Enns, Paul. The Moody Handbook Of Theology ( 1). Malang: Literatur SAAT, 2019.
Erickson, Wallace. “Peralihan Dalam Kepemimpinan.” In Leaders On Leadership, 379–403. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2002.
Fatmawaty, Riryn. “Memahami Psikologi Remaja.” Jurnal Reforma 6, no. 2 (n.d.): 55–65.
Haryono, Timotius, and Trifena Yuliati. Pemuridan Kontekstual: Contextual Bible Group. Surakarta: Yayasan Gamaliel, 2018.
Henry, Matthew. Tafsiran Matthew Henry: Surat Ibrani, Yakobus, 1&2 Petrus, 1-3 Yohanes, Yudas, Kitab Wahyu. Surabaya: Penerbit Momentum, 2016.
Herwinesastra. “Pengaruh Model Mentoring Robert Clinton Terhadap Kecakapan Kepemimpinan Pekerja Di GKII Daerah Pontianak.” Jurnal Jaffray 17, no. 2 (2019): 259–279.
Jatmiko, Bakhoh. “Transisi Kepemimpinan Antar Generasi : Studi Kasus Di Gereja Kristen Nazarene Di Indonesia.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 180–195.
Mau, Marthen. “IMPLIKASINYA BAGI KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA.” Caraka : Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 1, no. 2 (2020): 180–198.
McGarth, Alister E. Apologetika Dasar. Malang: Literatur SAAT, 2017.
Panggabean, Lenny Susi Rumona. “Jemaat Di Efesus Sebagai Peringatan Kepada Gereja Di Era 4.0.” Kerugma: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2020): 50–59.
Pawson, David. Membuka Isi Alkitab. Jakarta: Immanuel, 2017.
Prihanto, Agus. “Peran Proses Mentoring Pemimpin Kaum Muda Bagi Perkembangan Pelayanan Pemuda Di Gereja.” Jurnal Jaffray 16, no. 2 (2018): 197–212.
Rothman, Darla. “A Tsunami Of Learners Called Gen Z.” MLDE 1, no. 1 (2014).
Sari, Indah Permata, Ifdil Ifdil, and Frischa Meivilona Yendi. “Konsep Nomophobia Pada Remaja Generasi Z.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 5, no. 1 (2020): 21–26.
Slameto. Generation Z and The Implication for Counseling. Salatiga: Universitas Satya Wacana Press, 2015.
Umami, Ida. Psikologi Remaja. Yogyakarta: Idea Press, 2019.
Wilkinson, Bruce, and Kenneth Boa. Talk Thru The Bible. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2017.
Yanuar Surya Putra. “THEORITICAL REVIEW : TEORI PERBEDAAN GENERASI.” Among Makarti 9, no. 18 (2016): 123–134.
Yemima, Kezia. “Aplikasi Ibrani 12:5-13 Sebagai Model Pendidikan Karakter Disiplin Anak Generasi Z Dalam Keluarga Kristen Di Era New Normal Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 5, no. 1 (2021): 15–26.
Youarti, Inta Elok, and Nur Hidayah. “Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z.” Jurnal Fokus Konseling 4, no. 1 (2018): 143–152.
DOI: https://doi.org/10.54553/kharisma.v3i1.77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.